Kamis, 17 Mei 2018

Ringkasan cerita “Robin hood” dan “Le Morte d’ Arthur”


Ringkasan cerita “Robin hood” dan “Le Morte d’ Arthur”

1.       Robin hood
a.       Selintas cerita
Robin Hood adalah seorang pencuri baik yang mencurinya dari orang kaya untuk memberikannya kepada orang miskin dalam berbagai  kalangan . cerita ini penuh dengan berbagai kejadian dimana orang-orang tak memiliki makanan untuk memberi makan keluarganya, inilah yang menyebabkan Robin Hood membantu orang-orang ini dengan mencuri ke berbagai tempat.
Ketika kepala polisi daerah  mengetahui bahwa Robin Hood, seorang pencuri yang terkenal di hutan Sherwood. Dia memikirkan sebuah rencana, untuk menangkap nya pada pernikahan Marian Fitzwalter. Tetapi, ketika Robin Hood terkepung olehnya, ia dengan kekuatan hebat dan kelakuan liciknya untuk menghindar darinya. Akan tetapi, ia tak bisa kembali ke pulaunya dan ia menjadi orang yang tak mendapat perlindungan hukum.
Raja Richard mendukungnya dan memperbaiki Pulau Robin Hood. Richard meninggal, dan saudaranya John naik tahta dan sekali lagi Robin Hood menemukan dirinya beradu dengan Kepala Polisi daerah. Karena ia tak bisa dihindari, ia terkena luka yang mematikan dan akhirnya ia meninggal. Ia dikuburkan di Hutan Sherwood. 

b.      Tokoh dalam cerita Robin Hood
-          Robin Hood, anak dari Earl of Huntingdon. Ia seorang pemimpin dan ia percaya kepada keadilan dan semua temannya itu baik. dia membantu orang miskin karena dia piker yang dia lakukan (mencuri) itu merupakan tindakan yang benar.
-          Lady Marian, anak perempuan Tuan Fritwater. Dia cantik dan wanita yang kuat. Dia dapat menggunakan sebuah panah dengan baik. dia adalah wanita kesayangan Robin Hood. Kemudian, ia menjadi istri Robin Hood.
-          Sir Richard of Lee, dia besar dan kuat. Dia bagus dalam bertanding kepada seorang stafnya dan dia adalah orang terbaiknya Robin Hood.
-          Will Scarlet: juga sangat dekat Robin Hood
-          Kepala Polisi Daerah Nottingham, dia angkuh, bersungguh-sungguh, dan tak dapat dipercaya. Musuh terbesarnya Robin Hood.
-          Friar Tuck, ia adalah seseorang yang  sering bergembira,  dan dia adalah pemanah terbaik yang ada di tempat itu.

2.       King Arthur (Le Morte d’ Arthur)
a.       Ringkasan cerita dari film king Arthur
Cerita ini diawali dengan Lancelot yang meninggalkan keluarganya untuk menjadi ksatria, karena disana seorang lelaki yang sudah remaja harus menjadi seorang ksatria untuk membela negaranya, bukan hanya dia tapi ada sekitar 7 orang yang bersamanya, yang termasuk juga King Arthur. Lalu kembali ke masa kecilnya King Arthur yang dimana ia merupakan anak raja Inggris terdahulu, Raja Utter dengan wanita yang dikenalnya dulu. Ia tinggal dengan ibunya disuatu desa. Arthur disana karena merlin yang menyuruhnya untuk tinggl disana. Lalu saat ada insiden kebakaran didesanya, karena para prajurit ada disana. Arthur melihat ibunya yang terjebak kebakaran dirumahnya, lalu dengan segera ia menarik/mengambil pedang dari batu. Pedang yang ditancapkan di batu ini , dipercaya bahwa siapa saja yang dapat menariknya, ia akan menjadi raja inggris. Ia berhasil mengambilnya dan ke tempat ibunya lagi, tapi semuanya terlambat. 

Lalu cerita berikutnya diceritakan Arthur dan para prajurit setianya dan teman lamanya juga mempersiapkan diri mereka untuk berperang, lalu mereka berperang melawan orang-orang yang merupakan orang Pagan (orang yang menyembah berhala atau sebagainya) yang hendak menyerang kereta kuda dimana ada seseorang yang mungkin ia seorang pejabat atau sebagainya. mereka menyerang orang Pagan itu hingga mereka mati semua. Lalu mereka kembali ke istana dan duduk di meja yang berbentuk bundar dengan ada lubang ditengahnya (seperti donat). lalu mereka berdiskusi. Datanglah uskup Germanius yang berkuasa yang disitu bersama pembantu setianya, ia menawarkan mereka untuk melawan penduduk Saxon, karena diduga mereka dapat menghancurkan Roma, dan dia memberi 6 gulungan kertas yang pada saat itu harga kertas sangat mahal. Mereka semua marah karena mereka tak mau berperang dengan bangsa Saxon yang banyak itu, ditambah lagi mereka ingin bebas dan tak mau berperang lagi. Tapi setelah uskup tersebut berdiskusi dengan Arthur, ia menerimanya. 

Awalnya  ia bahkan menolak, karena temannya pun menolak, tapi karena ancaman, ia tak bisa. mereka juga akhirnya bisa menerima tawarannya dan pergi ke tempat dimana mereka menjempu ke kerajaan Roma untuk menjemput raja, istri dan anaknya, Alecto. Si rajanya awalnya tak mau dan ingin disana, lalu akhirnya yang mereka evakuasi hanya istri dan anaknya . kemudian ia juga membebaskan orang-orang yang diduga dihukum karena mereka adalah orang Pagan, dan ia melihat pintu kecil yang merupakan tempat orang Pagan dihukum, dan saat itulah ia bertemu dengan Guinevere. Lalu ia membawa Guinevere keluar darisana dan meminum air. Saat itu Guinevere mengagumi sosok Arthur . disaat itu juga Lanchelot mengagumi sosok Guinevere. 

Saat mereka berkemah disuatu hutan, Guinevere menghampiri, dan berbeicara dengannya dan mengatakan mereka berdua punya pandangan yang sama. Tapi saat itu juga ia mengetahui bahwa temannya, Arthur menyukainya. Saat paginya, mereka menyerang sekitar beberapa ratus prajurit bangsa Saxon di sungai yang membeku, tetapi rawan retak. Mereka memancingnya dengan panah dan bangsa Saxon maju menuju tempat itu. Lalu si Dagonet menghancurkan permukaan es yang tipis itu dengan kapaknya, tapi tak disangka, mereka mengarahkan panah ke arahnya yang tentu saja ia terkena itu, ia terus berjuang sampai permukaan es itu terbelah, lalu Arthur datang kepadanya dan menolongnya yang sudah masuk ke dalam sungai. Lalu tanpa penyerangan berat mereka, bangsa Saxon masuk ke dalam sungai itu. 

Pada malam harinya, setelah mereka berperang, bangsa Saxon datang ke depan tembok perbatasan bangsa Saxon dan Inggris. Lalu menantang Arthur dan yang lainnya untuk berperang. Awalnya Lanchelot tidak setuju karena ini bukan urusan mereka lagi. Tapi Arthur tidak menyetujuinya dan tetap akan berperang dengan mereka. Pagi harinya, ia datang sendiri ke tempat perbatasan tembok itu, tepatnya diatas bukit. Awalnya ia mengadakan sedikit perundingan dengan Arthur, tapi ia menolak dan akan  melakukan perang dengan mereka. Ternyata ia tak sendiri, saat itu teman-teman lainnya yang tadinya hendak pergi ke tempat aman, mereka berbalik ke tempat Arthur dan berperang, lalu Guinevere dan orang-orang Pagan lainnya juga membantunya. Diakhir cerita ini, Lanchelot terbunuh oleh ksatria bangsa Saxon, dan satu lagi temannya Arthur juga tewas dalam perang itu. Lalu, akhirnya mereka dimakamkan dan Arthur dan Guinevere menikah.

b.      Ringkasan Cerita di buku Le Morte d’ Arthur
Disini cerita ini dijelaskan lebih lengkap dari filmnya, ini dijelaskan saat ayahnya dulu menyukai istri dariRaja lain, dan menikah dengan RajaUtter, ayahnya Arthur. Sejak itulah Arthur dilahirkan. Arthur diasingkan dari kerajaan karena ia adalah anak haram. Dan sama seperti alur cerita dalam film King Arthur ini mirip. Perbedaannya jika King Arthur hanya sampai Guinevere menikah, lain halnya dengan Le Morte d’ Arthur. Guinevere menikah dengannya, tapi disini Lancelot masih hidup dan tetap mencintai Guinevere. Begitu juga dengan Lancelot, Guinevere juga mencintainya, sampai akhirnya mereka melarikan diri setelah ketahuan oleh Arthur. Lalu, setelah itu, Arthur melemparkan pedang yang dianggap hebat itu ke sungai, tetapi anehnya pedang itu tiba-tiba tak bisa ditenggelamkan dan akhirnya Arthur meninggal yang bisa jadi karena pedang itu mengeluarkan kekuatan yang besar. Setelah mengetahui Arthur meninggal, Guinevere menjadi biarawati dan Lancelot pun juga demikian. Tetapi,ia juga meninggal karena ia sakit memikirkan mimpinya yang melihat Guinevere meninggal.

c.       Tokoh dalam Le Morte d’Arthur
1)      Arthur, adalah seoerang anak dari Raja Uther, raja Inggris sebelumnya. ia dikenal sebagai sosok yang berani, hebat, dan ahli dalam berperang. Ia dipuja oleh semua kalangan masyarakat dan ia juga ditakdirkan untuk menjadi raja yang hebat.
2)      Launchelot, ia merupakan teman  dan prajuritnya Arthur. Ia dikenal sebagai ksatria yang berani dan ia dikenal sebagai orang yang sulit untuk jatuh cinta, tapi Guinevere lah yang berhasil meluluhkan hatinya. Ia juga bertemperamen keras dan pemarah.
3)      Trystream
Ia merupakan orang yang sangat terhormat dan budak yang sangat setia pada Raja Mark. Ia juga dikenal sebagai orang yang hebat dalam perang . bukan hanya itu, ia juga bagus dalam pelajarannya, berburu, menjajakan,  dan bermain harp.
4)      Gawain
Ia adalah sepupu dari Arthur. Ia dikenal sangat setia dengan Arthur dan selalu emngikuti pendapat dan perintah yang harus diterima oleh semuanya. Ia dikenal sebagai orang yang tak pernah melakukan sesuatu dengan berjalan mulus, mulai dari kesalahan kecil maupun masalah yang besar.
5)      Gareth adalah orang yang berjiwa bebas. Ia juga merupakan saudara dari Gawain dan sepupu dari Arthur
6)      Galahad
Ia dalah seorang ksatria yang taat agama. Keahlian perang dan keimanannya bersatu menjadi ksatria yang mampu dalam keduanya.
7)      Merlin
Ia adalah seorang penyihir yang menyembah berhala. Ia juga dapat melihat masa depan. Ia mengatakan bahwa Arthur, anak Uther Pendragon akan menjadi Raja Inggris selanjutnya.
8)      Guinevere/Gwenyvere
Ia dikenal wanita yang sangat hebat dalam bertarung. Ia juga berhasil membuat dua ksatria yang hebat seperti Arthur dan Launchelot berhasil membuat hati mereka luntuh. Tapi siapa sangka kalau ia juga merupakan seorang Pagan. Ia lah yang membuat Launchelot menghianati cinta Arthur pada istrinya tersebut dan membawanya kabur.



Webografi dan Sitografi
Sumber referensi
Robin hood.pdf


Daftar Film
King Arthur (2004)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar