Kamis, 17 Mei 2018

Robinson Crusoe oleh Daniel Defoe dan Paradise Lost oleh John Milton analysis


Robinson Crusoe oleh Daniel Defoe dan Paradise Lost oleh John Milton analysis
1.       Robinson Crusoe
a.       Ringkasan cerita
Cerita berawal dari seorang pemuda asal York yang menginginkan untuk berlayar ke laut, karena itulah cita-citanya. Tetapi di tentang oleh ayahnya, karena ia lebih baik untuk ke bagian hukum, karena itu jelas daripada harus ke laut ke arah yang tak jelas. Awalnya ia mengikuti saja, sampai akhirnya ada temannya yang ingin ke laut dan pada akhirnya ia mengikuti temannya untuk berlayar. 

Ia dan temannya ingin berlayar ke London. Tetapi suatu ketika ada badai besar yang menghampiri, ia berfikir inikah balasannya karena ia menentang ayahnya, tetapi untungnya mereka semua selamat. Ia sudah sampai ke London dan saat disana ia menjual alat pernak-pernik, ternyata ia bukan hanya berjualan di London tetapi di tempat lain juga, pada akhirnya ia berlayar ke tempat lain. 

Tetapi saat di perjalanan, ia di sekap dan dijadikan budak oleh Salee Rover, sekelompok orang yang ada di Afrika Selatan. Oleh karena itu, ia mengikuti aturan dan menjadi budak. Tak beberapa kemudian ia bertemu dengan Xury, orang yang dijadikan budak juga. Lalu pada akhirnya ada seorang Kapten Perancis yang melihat mereka berdua di Afrika. Lalu ia menawarkan diri untuk pergi bersamanya ke Brazil, mereka menyetujuinya.
Setelah sampai ke Brazil, Kapten Perancis memberikan banyak hadiah untuk pembekalan di Brazil dengan syarat Xury harus mengikuti Kapten Perancis, pada akhirnya ia menyetujuinya. 

Saat di Brazil, ia menanam berbagai tembakau dan rumah. Awalnya berjalan berhasil, tetapi lama kemudian ia sadar ia merindukan ketekunan Xury, dan Kapten Perancis menawarinya untuk ke Guinea.
Tetapi saat di tengah perjalanan, datanglah badai besar dan hampir menghancurkan seluruh awak kapal, lalu ia berdoa supaya ia dapat selamat. Dan beberapa waktu kemudian, taka da badai lagi, maka ia harus melanjutkan perjalanannya di laut dengan berenang. Sampai akhirnya ia menemukan pulau yang menurutnya tak berpenghuni, oleh karena itu ia menancapkan sejenis kayu salib sebagai pertanda ia adalah orang pertama kali yang datang ke pulau ini. 

Lalu, ia mencari serpihan-serpihan harta yang hanyut dan terdampar di pantai. Setelah itu ia membuat rumah untuk perlindungan dirinya dan mencari makan dengan berburu. Dan juga ia membuat rumah dibawah tanah, sebagai antisipasi gempa yang mungkin terjadi.
Terjadi juga badai dan gempa dalam beberapa kurun waktu yang membuat ia harus menyelamatkan benda ke bawah tanah. 

Ketika itu pula, Robinson pernah sakit yang sangat sulit baginya hanya untuk mencari air dan makanan, dan ia berdoa kepada Tuhan untuk menyembuhkan penyakitnya.
Tak disangka-sangka, Robinson menemukan keanehan pada pulau ini. Lebih tepatnya, bahwa ia melihat jejak kaki seperti dirinya. Ia mencoba menelusuri untuk mencari jejak kaki siapa itu. Dan akhirnya ia menemukan, sekelompok orang yang sedang ada di pulau itu juga. Dia ingin kesana, tapi tak disangka mereka adalah segerombolan orang yang merupakan pemakan daging manusia atau sejenisnya yang disebut dengan kanibal. Ini membuat dia takut dan berusaha mencari jalan keluar bagaimana cara ia menghindar dari mereka. Tetapi ada satu orang yang berhasil mengahdapi mereka, sama seperti Robinson, ia juga manusia dan ia dapat membuat para kanibal itu pergi. Robinson tak menyadari bahwa ia juga merupakan kanibal juga, tapi ia tak takut. Ia tak tahu nama orang itu siapa sampai akhirnya Robinson menamai nya Friday, karena ia menemukannya pada hari jumat. 

Setelah 28 tahun lamanya ia terdampar di pulau itu, ia dan Friday memutuskan pulang ke Inggris yang kemungkinan ia menggunakan perahu miliknya.
Setelah di Inggris, ia menikah dengan seorang berkebangsaan Inggris juga,. Beberapa waktu berselang, istrinya meninggal. Ia cukup pusing dan akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke Pulau itu dan tinggal disana sampai akhir hayatnya. 

b.      Kepengarangan Robinson Crusoe
Robinson Crusoe ditulis oleh Daniel Defoe. Ia lahir pada zaman dinasti Stuart. Ia lahir pada 1660 di London. Ayahnya bernama James Foe dan ibunya Alice. Ayahnya yang merupakan seorang penjual rempah-rempah yang besar. Lalu saat itu ia menikah dengan Mary Tuffley pada tahun 1684. 

Kesuksesan awalnya berada puisi satir nya yang berjudul The True – Born Englishman pada tahun 1701. Puisi musikalnya yang berjudul The Shortest Way with the Dissenters pada tahun 1702, merupakan puisi yang menceritakan tentang kaum Anglikan yang ekstrim. Oleh karena itu, ia pernah dipenjara karena telah menghina kaum Anglikan.
Pada tahun 1729 dan 1724, ia memproduksi atau membuat cerita fiksi saat diakhir masa hidupnya. Ia membuat cerita yang berjudul Robinson Crusoe pada 15 April 1719, yang dilanjutkan sekuelnya pada tahun sama di bulan April.

Dan bagian ketiganya, Serious Reflections, dirilis pada tahun 1720, dan pada tahun yang sama Memoirs of a Cavalier dan Captain Singleton yang juga dipublikasikan. Moll Flanders, Captain Jack, dan A journal of the Plague Year dirilis pada tahun1722 dan Roxana pada tahun1724, yang diikiuti dnegan karya non fiksinya, termasuk A Tour thro’ the WholeIsland of The Great Britain (1724-1726) dan The Compete English Trademan (1725-1727). Ia meninggal pada tanggal 24 April 1723 karena sakit struk. Ia dimakamkan di BunHill Fields.

2.       Paradise Lost
a.       Ringkasan cerita
Diawali saat setan terjatuh ke suatu kawah yang panas di Neraka. Dia jatuh dari surga, dan menemukan dirinya jatuh ke tempat yang sangat mengerikan. Dia menemukan tangan kanannya (orang kepercayaan) pertama kali, dan berusaha untuk kabur dari tempat itu ke daratan sekitar itu, dimana yang lainnya sedang rapat. Mereka berdiskusi dan memutuskan untuk menghancurkan Adam dan Hawa agar dengki. Setan bersukarela pergi dari neraka dan menemukan Adam dan Hawa.

Lalu, Tuhan mendengarkan apa yang setan diskusikan. Ia mengtahui semuanya. Dia berbicara dengan anaknya, katanya dia mengetahui bahwa setan akan menggoda nurani manusia dan Adam dan Hawa akan memakan buah di pohon terlarang.dia perlu tahu bhawa jika seseorang akan menghalangi kepentingannya itu. Anak itu bersedia, yang membuat Tuhan dan malaikat senang mendengarnya.

Taman surga,setan sudah berada disana, ia melihat ada Adam dan Hawa pertama kali dengan matanya. Tapi, Tuhan mengetahuinya, setan berada disana, dengan segera Tuhan menyuruh beberapa orang untuk mengeluarkan setan dari sana. Dan Tuhan juga menyuruh malaikat Raphael untuk menyampaikan pesan kepada Adam dan Hawa agar tak memakan buah di pohon terlarang itu. 

Tetapi, setan berhasil membujuk Hawa untuk memakan buah itu dan Adam juga memakannya, alhasil mereka melakukan hal yang tak seharusnya dilakukan (bersetubuh).
Karena mereka berdua telah melakukan kesalahan, pintu neraka telah dibuka untuk Sin (Dosa) dan Death (kematian). Sin dan Death merupakan karakter dalam puisi ini. Setan senang sekali dengan keberhasilannya itu, tetapi tak lama kemudian ia dihukum oleh malaikat. Karena Adam dan Hawa telah melakukan dosa, Tuhan menyuruh mereka untuk keluar dari Eden sebagai hukumannya dan menyuruh Michael untuk menurunkan mereka.

b.      Tokoh dan Penokohan
1)      Adam
Adam adalah manusia yang pertama kali diciptakan oleh Tuhan. Ia dikarakterkan sebagai orang yang baik tetapi bodoh dan ia tak bisa mengonrol dirinya karena kecantikan Hawa.
2)      Hawa
Hawa adalah manusia yang kedua diciptakan oleh Tuhan. Ia mempunyai sifat yang gampang terpengaruh, seperti yang dicertitakan, bahwa Hawa terpengaruh untuk memakan buah terlarang itu.
3)      Setan
Setan adalah sesosok yang diciptakan oleh Tuhan. Ia mungkin kesal dengan Tuhan karena ia diturunkan dari surga. Lalu ia mempunyai sifat yang jahat untuk menggoda pemikiran Adam dan Hawa.
4)      Tuhan
Tuhan tak bisa didefinisikan secara jelas. Yang terpenting Tuhan yang menciptakan semua makhluk, termasuk malaikat, setan, dan manusia.
5)      Michael
Malaikat yang diutus oleh Tuhan untuk menurunkan Adam dan Hawa dari Eden.
6)      Raphael
Malaikat yang diutus oleh Tuhan untuk menyampaikan kepada Adam dan Hawa untuk tak memakan buah dari pohon terlarang.

c.       Kepengarangan Paradise Lost
Paradise lost di tulis oleh John Milton. John Milton lahir di Sydney pada 9 Desember 1608. Dia bersekolah di Saint Paul, lalu di Christ’s College, di Cambridge.
Setelah kuliah ia membuang rencananya untuk bergabung untuk menjadi pendeta dan menghabiskan 6 tahun berikutnya di kampung halaman ayahnya di Buckinghamshire, untuk pelatihannya menjadi seorang penyair. 

Saat ia di pelatiham, ia telah banyak menulis banyak karyanya seperti On the Morning, Christ Cavity, On Shakespeare, L’Allegro,Il Peneroso, dan Lycidas. Ia banyak berjelajah untuk pergi ke tempat berjelajah ke Itali dan bertemu dnegan banyak orang penting. Lalu setelah itu, ia kembali ke kampung halamannya dan menikahi Mary Powell pada tahun 1642. Lalu, Mary melahirkan 3 anak perempuan dan satu anak laki-laki sebelum ia meninggal pada tahun 1652.setelah itu ia menikah untuk menikah kedua kalinya dengan  Katherine Woodcock dan Elizabeth Minsull.


Webografi dan sitografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar